Seven Spy Community Area

Feel The Affect Of ExtraOrdinary Team
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin7Spy Home

Share | 
 

 www.wikipedia.org

Go down 
PengirimMessage
Ragnazz
Intermediate Spy Agent
Ragnazz

Male Jumlah posting : 87
Age : 27
Lokasi : Spy Area
Job/hobbies : Secret Agent
Motto / Visi : Feel The Affect Of ExtraOrdinary People
Registration date : 12.12.08

PostSubyek: www.wikipedia.org   Thu Dec 25, 2008 3:46 pm

Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk mengumpulkan seluruh ilmu pengetahuan manusia.
Wikipedia bahasa Inggris mencapai 2.000.000 jumlah artikel pada 9 September 2007, dan pada 19 Oktober 2008 memiliki 91.254 artikel, yang terdiri atas lebih dari 1.048.000.000 kata. Artikel Wikipedia ditulis secara bersama oleh sukarelawan di seluruh dunia, dan hampir semua artikelnya dapat disunting oleh siapapun yang memiliki koneksi Internet. Popularitas Wikipedia terus meningkat sejak pendiriannya, kini Wikipedia merupakan salah satu dari sepuluh situs web yang paling banyak dikunjungi.

Keistimewaan

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, ia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat. Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia, ensiklopedia bebas online yang artikelnya ditulis oleh para ahli. Larry Sanger, yang mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Lima hari kemudian Wikipedia pun secara resmi diluncurkan.

Sekilas

Berikut ini beberapa karakteristik penting di dalam projek Wikipedia.

• Wikipedia adalah ensiklopedia utama.
• Wikipedia adalah sebuah wiki yang dapat diubah oleh setiap orang (kecuali untuk pengguna yang diblok dan pengecualian di halaman terlindung)
• Wikipedia mengandung isi bebas dan menggunakan copyleft Lisensi dokumentasi bebas GNU

Pangkalan data yang dapat di Download

Setiap orang yang ingin menggunakan isi bebas Wikipedia, kapan pun, dapat mengunduh artikel yang mendekati versi terbaru di dalam pangkalan data untuk tujuan bebas, dengan syarat LDBG.
Beberapa lokasi, seperti Wikinfo, wordiq, thefreedictionary.com, 4reference, dan nationmaster telah membuat salinan (mirroring) dan membuat 'data turunan' (forking) dari isi Wikipedia.



Dapat diubah oleh setiap orang

Isi Wikipedia dapat diciptakan oleh penggunanya. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah artikel, dan banyak yang melakukannya. Halaman-halaman selalu diubah, jadi, tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering terjadi "kesulitan" yang unik, lihat Wikipedia:Mengapa Wikipedia tidak begitu hebat. Tetapi ia pun memiliki sistem "penyembuhan sendiri" untuk menghadapi tantangan tersebut, lihat Wikipedia:Balasan terhadap penolakan umum.

Perusakan

Salah satu wacana utama di dalam Wikipedia adalah "perusakan" atau vandalisme; kekonyolan atau menyinggung artikel situs ini. Ada banyak orang yang melakukannya hanya demi mendapatkan pengalaman mengubah halaman internet.

"Karena Wikipedia adalah proyek radikal yang bebas dan terbuka, ia menarik unsur anarkis," pengakuan Larry Sanger kepada Wired News.

"Untungnya, banyak dari kita yang berkeinginan untuk bertahan terhadap perusakan... dan menyingkirkannya dengan segera."

Perangkat Keras

Wikipedia dijalankan dengan memakai perangkat lunak MediaWiki oleh server-server milik Yayasan Wikimedia. Sampai dengan 13 Mei 2006 Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia lainnya dijalankan oleh 175 server yang terletak di 4 lokasi berbeda yaitu di Tampa-Florida-Amerika Serikat, Paris-Perancis, Amsterdam-Belanda, serta di lokasi Yahoo!.


Perincian server menurut lokasinya adalah sebagai berikut.


• Tampa,Florida:
o 14 buah server MySQL,
o 18 buah server Squid,
o 93 buah server Apache, dan
o 12 buah server lainnya untuk beragam keperluan.
• Paris,Perancis:
o 3 buah server Squid.
• Amsterdam, Belanda:
o 12 buah server.
• Yahoo!:
o 23 buah server.





Proyek Wikipedia lainnya

Wikiquote

Wikiquote (KutipanWiki) adalah proyek saudara dari Wikipedia, menggunakan perangkat lunak MediaWiki yang sama. Merupakan salah satu keluarga proyek berbasis wiki dijalankan oleh Yayasan Wikimedia. Didasarkan oleh gagasan Daniel Alston dan diimplementasikan oleh Brion Vibber, gol proyek ini adalah untuk menghasilkan referensi luas kutipan secara kolaboratif (bekerja-sama) dari orang-orang terkemuka, buku dan ungkapan, dan untuk memberikan detil mengenai mereka.

Wikisource

Wikisource atau SumberWiki, The Free Library ("Perpustakaan Bebas"), adalah sebuah proyek Wikimedia yang bertujuan membangun sebuah perpustakaan wiki dengan isi bebas yang terdiri dari naskah-naskah sumber pertama (primary source), serta terjemahan naskah-naskah sumber ke dalam bahasa apapun dan bahan-bahan pendukungnya. Alamatnya berada di www.wikisource.org. Versi bahasa Indonesia beralamat di id.wikisource.org.
Wikisource berawal dengan nama Project Sourceberg pada tanggal 24 November 2003 di domain http://sources.wikipedia.org. Namanya berganti menjadi Wikisource pada 6 Desember 2003. Alamatnya resmi dipindahkan ke http://wikisource.org pada tanggal 23 Juli 2004. Wikisource berbahasa Indonesia sendiri mulai memiliki subdomain sendiri (sebelumnya bergabung dengan Wikisource berbahasa Inggris) pada 6 November 2005.


Wikibooks

Wikibooks (Bukuwiki), sebelumnya disebut Proyek Buku Bebas Wikimedia dan Wikimedia-Buku, adalah proyek yang sama dengan Wikipedia dan merupakan bagian dari Yayasan Wikimedia yang dimulai pada 10 Juli 2003.
Proyek ini merupakan koleksi buku bebas, petunjuk cara penggunaan, dan teks-teks lainnya. Proyek ini adalah wiki yang berarti setiap orang bisa menyunting artikel buku apapun.
Proyek ini dimulai sebagai respon atas permintaan dari wikiwan Karl Wick sebagai tempat untuk memulai pembangunan buku-buku isi bebas untuk mengurangi biaya dan keterbatasan lainnya dalam bahan pelajaran.
Beberapa buku-buku awal merupakan disalin dari sumber-sumber isi bebas lainnya yang ditemukan di internet. Wikibook mempunyai proyek-proyek lainnya yaitu: Wikijunior dan Wikiversity. Wikijunior dimaksudkan sebagai proyek yang ditujukan untuk wikiwan-wikiwati muda. Wikiversity adalah lingkungan belajar terbuka dan komunitas penelitian.

Wiktionary

Wiktionary (Kamuswiki) adalah salah satu proyek kerabat Wikipedia yang ditujukan sebagai kamus wiki bebas (termasuk tesaurus dan leksikon) dalam semua bahasa. Wiktionary dalam edisi bahasa Inggris (en.wiktionary.org) dibuka pertama kali pada 12 Desember 2002 sebagai tindak lanjut proposal Daniel Alston. Pada 29 Maret 2004, wiktionary dalam edisi bahasa lainnya, yaitu Prancis dan Polandia, mulai dibuka. Sejak saat itu, wiktionary dalam edisi bahasa lainnya pun mulai dibuka. Pada awalnya, wiktionary menginduk pada URL sementara hingga akhirnya pada 1 Mei 2004 dipindahkan ke URL penuh.

Wiktionary disediakan untuk.

• menjelaskan arti kata, istilah, dan singkatan
• tesaurus dengan cara menunjukkan sinonim
• menerjemahkan kata-kata dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Tidak seperti kamus pada umumnya yang monolingual/ekabahasa atau bilingual/dwibahasa, Wiktionary merupakan kamus multilingual/multibahasa dan internasional, yang artinya bertujuan untuk mencakup setiap kata dari semua bahasa yang diketahui dan melakukannya dalam berbagai bahasa. Sebagai contoh, Wiktionary edisi bahasa Inggris mengandung entri/lema dari berbagai bahasa, namun ditulis dalam bahasa Inggris. Wiktionari edisi bahasa Indonesia juga bisa memiliki artikel-artikel yang sama dengan edisi bahasa Inggris, tapi artikelnya ditulis dalam bahasa Indonesia.
Perbedaan antara Wiktionary dan Wikipedia adalah bahwa kebanyakan entrinya diawali dengan huruf kecil. Sebagai contoh, entri dengan huruf kecil i dan kapital I berbeda.


Wikinews

Wikinews (Beritawiki) adalah sebuah wiki yang berhubungan dengan aktualitas atau berita-berita yang masih hangat. Seperti Wikipedia, situs ini juga dikelola oleh yayasan Wikimedia.


Wikispecies

Wikispecies (Spesieswiki) adalah sebuah proyek yang didukung oleh Yayasan Wikimedia yang bertujuan membuat portal isi bebas mengenai spesies-spesies. Wikispecies mencakup hewan, tumbuhan, jamur, bakteri dan semua makhluk hidup lainnya dan akan dikembangkan secara khusus dengan Wikipedia.


Wikipedia Commons

Wikimedia Commons (juga disebut "Commons" atau "Wikicommons") adalah tempat penyimpanan gambar-gambar dan file-file multimedia berlisensi bebasis. Commons merupakan proyek dari Yayasan Wikimedia. File-file yang dimuat dapat digunakan seperti halnya file-file yang dimuat pada masing-masing proyek.
Proyek ini diusulkan pada bulan Maret 2004 dan diluncurkan pada 7 September 2004. Sasaran utama commons yaitu untuk menghilangkan duplikasi file dimana terjadi pada proyek-proyek Wikimedia sebelum adanya Commons. Fitur untuk dapat menggunakan file-file dari Commons dari semua proyek Wikimedia diimplementasikan pada Oktober 2004.
Wikimedia Commons tidak memperbolehkan pemuatan file-file yang berhak cipta. Lisensi yang diterima adalah GNU Free Documentation License, lisensi Creative Commons dengan tanpa batasan penggunaan dan domain umum.


Wikimedia Incubator

Wikimedia Incubator adalah situs web yang merupakan bagian dari proyek Yayasan Wikimedia yang diperuntukkan untuk uji coba dari proyek-proyek Wikimedia seperti Wikipedia sebelum versi tersebut dirilis. Proyek ini dulunya berada di "meta wiki".


Wikiversity

Wikiversity (Universitaswiki) adalah proyek Wiki terbaru dari Yayasan Wikimedia yang sekarang ini masih dalam tahap uji coba. Wikiversity ditujukan untuk bahan-bahan belajar. Situs webnya adalah di www.wikiversity.org. Wikiversity versi beta secara resmi dimulai pada 15 Agustus 2006 dengan bahasa Inggris sebagai versi pertamanya dan versi bahasa Jerman yang dibuat pada 24 Agustus 2006 sebagai edisi yang ke-2. Versi bahasa lainnya dari Wikiversity sedang dikembangkan di beta.wikiversity.org.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
www.wikipedia.org
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Seven Spy Community Area :: Spy Technology :: Referensi Web-
Navigasi: